Selasa, 16 Januari 2024

LangKa

 Assalamualaikum wr.wb

    Mulainya dari mana yah,,,😕? oh.. ok begini hal-hal yang banyak terjadi dari jaman dulu tapi saat ini mulai sangat langka di temuin di kehidupan keseharian yang mungkin dijaga oleh leluhur kita di ajarkan oleh mereka dan di ajarkan untuk di terapkan di keseharian kita.. baik di rumah di jalan dan di sekolah, ini hal yang sepele tapi menjadi ciri khas dari orang indonesia, dan mirisnya hampir punah, semoga saja tidak sih,, jangan sampai diambil oleh negara lain juga,, heheeh😁.

Yang pertama kata "Maaf ya..", "Mohon maaf ya kesalahan saya", "Maafin saya ya, kalau saya salah"
maaf ya

source : tenor.com

mengakui kesalah ketika kita melakukan kesalahan, hal yang paling berat di lakukan ketika kita posisinya sudah di atas yang lainnya, inilah hal-hal yang tanpa kita sadarin mulai hilang rasa bersalah dan mengakui kesalahan dalam diri kita,, hal ini terjadi ketika ego kita sudah berada semakin membesar, gengsi kita sudah semakin tinggi, dan pengakuan ke diri sendiri, ah.. gak masalah dia bukan siapa-siapa ini, pengakuan ke diri sendiri kalau jabatan kita lebih dari orang yang kita sakiti dan sebagainya, Astaqfirullah sebaiknya kita harus istiqfar kalau kita sudah melupakan asal kita sudah melupakan kita ini hanya manusia yang bisa saja bersalah,, mengawali pengakuan bersalah di awal berat, tapi ketika sudah sering dilaksanakan insyallah akan lebih ringan, dan itu yang membuat kita akan menjadi orang yang rendah hati.yuk..minta maaf dulu dari pada menunggu orang memaafkan atau orang itu minta maaf.. jangan hilangkan tradisi rendah hati kita yaa.. "Merendahlah Sampai tidak ada orang bisa merendahkanmu".
source : zaimuragambar.blogspot.com
    Yang kedua "Permisiiii...", "Numpang Lewat...", "Mari...", hal ini juga sudah mulai tidak tampak,, walaupun mungkin di kampung-kampung masih ada,, tapi semoga tidak menjadi punah,, dan ingat setiap apapun yang menjadikan kita meninggikan ego kita hal-hal seperti ini akan mulai terkikis dari kita, rasa risih ketika kita melewati banyak orang akan menghilang dengan meningginya ego kita, mulai meyakinkan diri sendiri kalau kita lebih dari orang lain itu yang akan menjadi kita mengecilkan orang lain. "SOPAN DIMANAPUN KAMU BERADA"
source : azkagambar.blogspot.com

    Yang ketiga Ucapan terima kasih ketika kita merasa dibantu oleh orang lain, dan oleh keluarga sendiri, kadang ucapan terima kasih dirubah menjadi sebuah benda, inilah yang menurut saya sangat berbahaya, jika ucapan terima kasih diungkapkan dengan sebuah benda, banyak hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, misal korupsi dan sebagainya. Ucapan terima kasih tidak hanya diucapkan tapi memang di implementasikan dengan rasa syukur yang sangat dalam dari kita karena orang yang membantu kita, berikutnya terima kasih akan berat biasanya ketika kita menjadi orang besar dan orang yang penting. "BERSYUKUR DAN SELALU BERSYUKUR"
source: kangguru.blogspot.com 
Yang Keempat menghormati orang yang lebih tua, dengan banyak macam cara, bisa dengan mencium tangan tanda hormat kita,, tapi jangan salah yah,, ketika kita mencium tangan jangan sampai jam tangan, atau cincin yang kita cium hilang,, hehehe😁, dan cium tangan juga biasanya di lakukan oleh pasangan-pasangan yang fresh graduate💗,,hihih,tapi kalau dah makin senior penikahannya jadi malesss,, hihih iya gak sih,,kayak penulis ya,, wkwk, yang berikutnya cium tangan jangan sampai menarik tangan orang yang mau kita cium tangannya,, kacau nih kadang-kadang kita lihat,, anak-anak sekarang kalau mencium tangan, tangan orang yang mau di cium dibetot ke mulut, coba banyangin kalau yang dibetot tangannya orang dah sepuh,, apa jadinya tuh,, yang ada orang jadi ke jlungub,, eh apa bahasa indonesianya,,😇dlongsor,,bukannya ,,ehm,,,terjerembab,, nah itu,,bayangin tuh,,niatnya menghormati malah nyelakain,, makanya nunduk ya,, kepala kita jangan betot tangan orang tua. Berikutnya menghormati orang tua ketika di panggil menjawab dengan sopan, ketika dipanggil jangan jawab,, "apaan seeeehhhhh,,, " adeh,,. jawab dengan baik "ada apa bapak/ibu...", hal ini juga bisa sirna karena saat ini anak-anak sekarang banyak tidak mau diganggun jika sedang asik dengan sesuatu, dan ketika sudah merasa melebihi kekayaan, jabatan orang tua. Dan masih banyak lagi.
    Kesimpulannya siapapun kita saat ini, apapun jabatan kita saat ini, berapapun kekayaan kita saat, "JANGAN LUPA KITA BUKAN SIAPA-SIAPA DULUNYA", kalau tidak ada orang tua, jangan jadikan jabatan kita membuat kita lupa diri, jangan jadikan harta kita menjadikan kita pongah, jangan jadikan kita lebih dari siapapun, karena tanpa orang-orang di sekitar kita, kita bukanlah BUKAN SIAPA-SIAPA.
"SEBELUM DIHORMATI ORANG LAIN, HORMATI ORANG LAIN DULU"
    Terima kasih sudah meluangkan untuk membaca.


Waalaikumsalam wr.wb.
#selaluliterasi#lowprofile#selalubahagia


one    
           






3 komentar:

  1. Dalam budaya adab yang telah turun temurun juga sudah di alirkan dengan benar tapi mungkin pengaruh terhadap zaman atau pola asuh yang berbeda jadi berbeda. Mungkin hal-hal yang langka dapat diatasi dengan memberitahu dan juga memberikan pengetahuan dengan menggunakan teknologi. Tentu dengan cara yang unik, menarik dan indah seperti yang dinimati oleh oknum yang membuat gak itu langka. Salah satunya dengan bapak yang membuat blog ini 😁

    BalasHapus

Modul 1 #Pengenalan basis data