Sabtu, 03 Februari 2024

Layak kah, Kita jadi Pemimpin?

 Assalamualaikum wr.wb

source :https://www.pngdownload.id/download/boss-icon.html
    Ada beberapa hal yang membuat seseorang berada sebagai pimpinan, karena dengan kemampuan dia diangkat atau mempromosikan diri sendiri.
Ketika kita mau menuju menjadi pemimpin apakah sempat terlintas dalam pikiran kita mampukah saya ada di posisi tersebut? Dan apa yang telah saya perbuat sehingga saya layak di posisi itu? Selanjutnya apa yang akan saya perbuat ketika saya di posisi tersebut?
    Secara logika seseorang yang sudah ada di posisi atas pasti mempunyai bawahan, layak kah saya memimpin? Pernakah berpikir seperti itu? Mungkin di sebagian orang pernah memikirkan itu tapi ada juga sebagian yang bilang jalanin saja, bagaimana nanti!
    Menjadi seorang atasan sebenarnya mudah tapi tidak gampang, ibarat kita sebagai seorang imam, ayah, ketika dilihat mudah, tinggal memposisikan diri tapi ternyata ketika sudah di posisi itu banyak hal yang kita tidak duga, karena menjadi seorang pimpinan kita harus berpikir bagaimana bisa menjadi pemimpin yang bijak, bagaimana kita tidak memihak berat sebelah, bagaimana kita memahami bawahan kita, karakter mereka dan sebagainya. Akhirnya kita kembali kepertanyaan awal layak kah kita?
    Seorang pemimpin harus bisa mengesampingkan ego dan lebih mengutamakan logika dan realita, seorang pemimpin harus bisa menjadi panutan bukan umpatan, seorang pemimpin harus siap dikritik walaupun menyakitkan, seorang pemimpin harus selalu berkepala dingin walaupun tersudut dinding, seorang pemimpin tidak boleh berbohong walaupun itu menyakitkan, seorang pemimpin tidak boleh hanya manis didepan, seorang pemimpin tidak boleh mengorbankan bawahnya walaupun beresiko jabatan hilang, seorang pemimpin harus siap mempertanggung jawabkan kesalahan bawahan, seorang pemimpin harus bisa membentuk tim dan menjalankan tim, bukan hanya perintah saja, seorang pemimpin benar-benar harus bisa memimpin bukan hanya bisa mengerjakan kerjaan sendiri tidak melibatkan bawahan. Itulah pemimpin, mungkin banyak lagi yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin.
Layak kah kita jadi pemimpin??  
terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Waalaikumslsm wr.wb

#pemimpinamanah


2 komentar:

  1. Mungkin orang lain berkata bagaimana nanti tapi sesungguhnya pemimpin yang benar dia memikirkan nanti bagaimana. Selain itu mungkin rasanya teori yang udah dirangkai tidak semuanya sama ketika terjun langsung. Pemimpin juga tidak hanya tentang memimpin orang lain, memimpin diri sendiri juga harus bisa dilakukan agar bisa mengatur kendali dalam diri.

    BalasHapus

Modul 1 #Pengenalan basis data